Effect of Biopesticide Application in Suppressing the Population of Onion Caterpillar Pests (Spodoptera exigua L) in Shallot Plants (Allium ascalonikum L)

  • SRIWINATY HARAHAP UNIVERSITAS GRAHA NUSANTARA
  • RASMITA ADELINA HARAHAP UNIVERSITAS GRAHA NUSANTARA
Keywords: Shallot, Biopesticide, Onion caterpillar (Spodoptera exigua L)

Abstract

ABSTRAK

Bawang merah merupakan salah satu komoditas sayuran unggulan yang sejak lama telah diusahakan oleh petani secara intensif Komoditas ini juga merupakan sumber pendapatan yang memberikan kontribusi cukup tinggi terhadap perkembangan ekonomi wilayah, karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi maka budidaya bawang merah telah menyebar di hampir semua provinsi di Indonesia. Jenis hama yang sering dijumpai pada tanaman bawang merah yaitu ulat bawang (Sexigua). Bawang merah merupakan inang utama bagi larva S.exigua. Kellilangan hasil akibat serangan hama ini dapat mencapai570/o karena terjadi sejak fase pertumbuhan awal sampai dengan fase pematangan umbi, bahkan bisa mengakibatkan gagal panen terutama di musim kernarau apabila pengendalian tidak dilakukan sesegera mungkin. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menekan pertumbuhan yaitu ulat bawang pada bawang merah dengan menggunakan pestisida nabati. Pestisida nabati mengandung senyawa aktifyang mampu mengganggu proses perkembangan ulat bawang Metode dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Non Faktorial dengan masingmasing perlakuan DO ( kontrol), Dl (100 ml masing-masing daun Nimba, Serai dan Lengkuas/ liter air), D2 (200 ml masing-masing daun Nimba, Serai dan Lengkuas Iliter air), D3 (300 ml masing-masing daun Nimba, Serai dan Lengkuas [liter air) dan D4 (400 ml masing-masing daun Nimba, Serai dan Lengkuas Iliter air). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan Biopestisida menunjukkan pengaruh yang nyata terhadap semua perlakuan yaitu intensitas serangan, persentase serangan, bobot umbi segar dan bobot umbi kering. Perlakuan terbaik terdapat pada D4.

Kata Kunci : Bawang merah, Biopestisida, Ulat bawang (Spodoptera exigua).

Published
2023-12-31
How to Cite
HARAHAP, S. and HARAHAP, R. (2023) “Effect of Biopesticide Application in Suppressing the Population of Onion Caterpillar Pests (Spodoptera exigua L) in Shallot Plants (Allium ascalonikum L)”, JERAMI : Indonesian Journal of Crop Science, 6(1), pp. 1-6. doi: 10.25077/jijcs.6.1.1-6.2023.
Section
Articles